Sabtu, 01 Mei 2010

Menghilangkan Proteksi Klik Kanan pada suatu situs

Pernahkah anda berkunjung ke suatu situs. Lalu, anda tertarik untuk mengambil artikel/gambar di sana, tapi ketika anda mencoba untuk menandai (memblok) alinea/kalimat di sana tiba-tia apa yang terjadi. kok gak bisa diblok ya. Lalu anda coba klik kanan di sana, kenapa gak terjadi apa-apa, menu klik kanan kok gak keluar. Bikin sebel/Bad Mood/gregetan kan....huhuhu... Itulah keluhan beberapa teman saya. Saya hanya bisa menjawab "pasti mereka gak mau artikelnya diambil orang dan gambarnya diambil secara sembarangan." Itulah bentuk proteksi klik kanan. Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah karena source code bahasa pemrogramannya? halaman web sebenarnya tidak ubahnya suatu program tetapi berbentuk web based program. Sebenarnya situs-situs social networking seperti twitter, friendster, facebook beserta situs-situs lainnya seperti google, yahoo adalah sebuah web based program

Jadi yang terjadi atas (tidak bisa klik kanan pada suatu situs) dikarenakan pada halaman web tersebut disisipkan serangkaian script bahasa pemrograman.

Dalam dunia web terdapat 2 jenis bahasa pemrograman:

1. Server Side Script
Adalah bahasa pemrograman yang dieksekusi oleh server di mana web tersebut disimpan. Biasanya digunakan untuk koneksi ke database atau mengambil data-data di server. Contoh bahasa pemrogramannya yaitu PHP, ASP, etc.

2. Client Side Script
Adalah bahasa pemrograman yang dieksekusi di komputer anda, dalam hal ini browser (Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan browser lainnya). Contoh bahasa pemrogramannya Javascript, VBScript, dan lainnya.

Bagaimana membedakannya? Lihat saja url/alamat file halaman yang sedang anda buka. Jika berakhiran .php atau .asp sudah pasti dia merupakan tipe (1). Sedangkan untuk tipe (2) bisa dilihat langsung dari source code htmlnya ( dari browser anda klik menu view -> source) bisa dilihat pada bagian bertuliskan javascript. Script tipe (1) tidak akan bisa kita lihat, karena yang kita dapat hanyalah output dari server, scriptnya tidak bisa dilihat. Berdasar pengalaman saya mengajar dan membuat web, kedua jenis script pemrograman di atas bisa digabung/kombinasikan.

Penjelasan di atas hanyalah ilmu yang sedikit saya share. Kembali ke topik, bagaimana mengenai klik kanan?. Beruntunglah kita bahwa script untuk mengontrol tampilan browser, klik kanan, ukuran window, dsb dikontrol oleh Client Side Script, dalam hal ini yang banyak digunakan adalah Javascript, karena script ini terkenal sangat “ramah” dan dapat berjalan dengan baik di berbagai system operasi. Mengapa beruntung? Alasannya dan langkah-langkah untuk menghilangkan proteksi klik kanan yaitu:
1. Karena Javascript merupakan Client Side Script, maka kita bisa “merekayasa”.
2. Buatlah Javascriptnya tidak jalan, yang anda cukup lakukan adalah buat saja browser yang anda gunakan tidak mengeksekusi perintah (program) Javascript.
3. Matikan saja fungsi Javascript browser anda. Tapi bagaimana caranya? Karena saya menggunakan Mozilla Firefox maka saya akan contohkan dengan Mozilla. Anda cukup klik Tool -> Options -> Pilih tab menu Content -> Hilangkan tanda contreng (checklist) pada Enable Javascript -> Klik OK.
4. Bim Salabim Abrakadabra.... Klik kanan anda kembali berfungsi.

Saya juga membahas mematikan klik kanan pada browser internet explorer (IE) 7.0
Langkah-langkah untuk mematikan javascript klik kanan pada IE 7.0 yaitu:
a) Pilih Tools > Internet Options.
b) Klik pada tab Security.
c) Klik butang Custom Level.
d) Skrol ke seksyen Scripting.
e) Pilih Disable for Active Scripting and Scripting of Java Applets.
f) Klik OK.
g) Pilih YES jika kotak pengesahan ditunjukkan.
h) Klik OK. Tutup tetingkap.
i) Tekan butang F5 (Refresh) pada pelayan

Kini anda dapat mengkopi atau mengambil gambar dan atau teks sesuka hati anda. Selamat Mencoba....Good Luck

0 komentar: