Rabu, 19 Mei 2010

AJAX(Asynchronouse JavaScript and XML) pada ASP.Net

Sebelum membaca lebih dalam tentang penggunaan AJAX pada ASP.Net, terlebih dahulu anda harus mengerti dahulu konsep AJAX(baca di sini ), HTML, dan CSS (Baca di sini tentang CSS).
Setelah anda membaca dan paham, saya akan mengupas implementasi AJAX pada bahasa pemrograman ASP.Net. ASP.Net merupakan server-side programming. server-side programming merupakan salah satu contoh pembagian web programming.
Bagaimana ya caranya? apa yg harus saya lakukan untuk mengimplementasikan AJAX ke dalam bahasa pemrograman ASP.Net? Simak tulisan saya berikut ini.

Terlebih dahulu, install Microsoft Visual Studio Profesional(versi apapun dari 2005-2010) karena di dalamnya terdapat Microsoft Visual Studio Web Developer. Setelah itu, install ASPAJAXSetup.msi (file dapat di download di asp.net/ajax). Langkah berikutnya:

* buat project AJAXEnabledWebSite dengan cara: klik File pada Menu bar Visual Studio Web Developer, klik new, klik web site, pilih ASP.Net:AJAXEnabledWebSites, klik OK. Nah, project AJAX anda telah dibuat

* Setelah project dibuat, maka akan muncul halaman Default.aspx, di dalam web form tersebut terdapat control ScriptManager. Control itu ibaratnya merupakan jantung dari AJAX pada ASP.Net
Jika control itu dihapus, maka project web dengan AJAX anda tidak akan bisa dijalankan. Tetapi tidak perlu panik jika control ScriptManager terhapus, anda bisa drag n drop control itu lagi dari toolbox ke dalam web form anda.

* Di dalam project itu terdapat control lain selain control ScriptManager. control-control yang terdapat pada AJAXEnabledWebSites yakni control Update Panel, Update Progress, Timer. Pada project AJAXEnabledWebSites terdapat control tambahan lainnya. Control tambahan itu dinamakan AJAXControlToolkit. Control AJAXControlToolkit didapatkan dari file AJAXControlToolkit.dll(File dapat didownload di sini).

Sekian pembahasan dari saya. Selamat Mencoba. Kalau bingung silahkan bertanya di blog ini daripada anda sesat...hehehe...

0 komentar: