Rabu, 15 Desember 2010

Mewujudkan Indonesia Yang Tangguh

Mewujudkan indonesia yang tangguh memang tidak semudah yang dipikirkan. Namun, bagi sebagian masyarakat Indonesia mampu menjawabnya. Hal itulah yang menjadi topik dari acara Rossy Goes to Campus di Auditorium Kampus C Universitas Airlangga hari Sabtu (11/12/2010) pukul 13.00 WIB.
Dalam topik Indonesia Tangguh, Rosiana Silalahi menghadirkan pembicara Daniel Sparinggan (Staf Khusus Presiden Indonesia bagian Komunikasi), Basuki T. Purnama (Mantan Bupati Belitung Timur Propinsi Bangka Belitung), Yenny Wahid (putri dari GusDur),Rahmat Gobel (Pengusaha Panasonic).


Rahmat Gobel bisa membuktikan Indonesia Tangguh. Dia meyakini kalau industri elektronik yang dipimpinnya mampu bersaing di pasaran. "Biarpun usaha ini adalah warisan dari ayah saya, saya harus menjalankan industri ini dengan tangguh dan mampu bersaing di luar negeri" papar Rahmat Gobel saat diskusi topik di acara Rossy Goes To Campus.
Rahmat Gobel menjalankan usaha warisan ayahnya sejak umur 22 tahun. Menurut Gobel, bukan hal yang mudah menjalankan usaha itu saat masih menjadi mahasiswa. Dengan semangat, niat,keyakinan, dan komitmen yang dimiliki oleh Gobel, dia mampu menjalankan usahanya.
Basuki T Purnama mengatakan, mewujudkan indonesia tangguh harus menghilangkan sikap rasialis. "Biarpun saya keturunan tionghoa, saya tetap meyakini dirinya adalah WNI dan tidak ada sikap rasis serta tetap menggunakan nama tionghoa saya"ungkap Ahok, nama Tionghoa dari Basuki T Purnama.
Selain itu, jadilah orang yang bersih dan profesional untuk menjadi Indonesia Yang Tangguh. "Punya jiwa nasionalisme. Mengukur nasionalisme seseorang bukan dari perbuatan konkritnya tapi dari karakter seseorang" ucap Ahok.
Yenny Wahid menambahkan, Indonesia yang tangguh tidak boleh takut menegakkan kebenaran yang harus diperjuangkan dan mempunyai rasa pluralisme. Karena pluralisme merupakan bagian integral dari bangsa kita.
Dalam menyampaikan kebenaran bisa lewat berbagai cara yakni demo, tulisan, diskusi. "Demonstrasi itu adalah ekspresi, latihan vokal. Tapi kalau demonya sudah rusuh itu bukan suatu bagian dari ekspresi" kata Yenny Wahid.
Tantangan untuk mewujudkan Indonesia yang tangguh yakni kurangnya mentalitas seseorang dan kepercayaan. Hal itu diungkapkan Yenny Wahid dalam diskusi acara Rossy Goes To Campus. Ahok menambahkan, menjadi orang yang lurus juga sangat sulit di Indonesia saat ini.
Setelah acara diskusi topik Indonesia Tangguh, Rosiana Silalahi menghadirkan bintang tamu Glenn Fredly untuk menghibur peserta yang datang dalam acara Rossy Goes To Campus.(RICHARD)

0 komentar: