Minggu, 11 Oktober 2009

Membuat Database Pada ASP.Net

Jika anda ingin menyimpan transaksi di web ato mungkin ingin tahu data-data transaksi maka anda harus membuat database.

Ada sebuah ilustrasi sederhana tentang database :
Ketika anda membeli makanan nasi goreng untuk dimakan di rumah maka anda harus membungkusnya di kertas coklat. Nasi goreng yang dibungkus itu akan dibuka lagi ketika kita akan memakannya di rumah. jadi bungkusan yang brisi nasi goreng tinggal dibuka kpn aja dimana pun anda berada....hehehe

Langkah-Langkah detail membuat database pada ASP.Net :



1. Buat project website baru (Klik File->Klik New Web Site->Pilih ASP.NET WebSite.Jika anda ingin mengganti nama project,pada bagian Location ganti nama website1 dengan nama project sesuai yg kalian inginkan (C:\...\WebSite1)->klik OK)

2. Pada Solution Explorer. Klik Kanan pada project anda->Pilih Add New Item -> Pilih SQL Database -> Ketik Nama Database sesuai yang kalian inginkan -> klik Add. Setelah itu, maka akan keluar perintah yang brisikan tentang "Would You Like To Place The Database in the 'App_Data' Folder?",Anda tekan tombol Yes. Atau Menggunakan Cara Yang Kedua Yaitu: Klik Kanan pada folder 'App_Data' -> pilih Add New Item -> pilih SQL Database. Beri Nama Database sesuai yang kalian inginkan -> Klik Add.
Maka Database Anda Telah Dibuat Silahkan Buat Tabel-Tabelnya beserta isi data-datanya pada window Server Explorer.

- Jika anda telah membuat database beserta isi sebelumnya, maka langkah yg harus kalian lakukan adalah : klik kanan pada folder App_Data -> Pilih Add Existing Item -> Carilah file database yang ada di direktori windows anda -> Klik Add

Mengapa harus ditempatkan di folder App_Data? Karena secara default ASP.Net telah menyiapkan folder khusus buat menyimpan file-file yg digunakan sebagai data sperti file MDF(SQL server), file XML, file MDB(Microsoft Access)

0 komentar: