Rabu, 24 November 2010

HTML Input

Dalam pemrograman web akan terdapat macam-macam control inputan. Control-control inputan dalam HTML dapat dituliskan dengan elemen-elemen beserta atributnya. Beberapa control-control inputannya seperti berikut :
1. Control Textbox
<input type="text" id="txtnama" readonly = "1" >
Penjelasannya : attribute id anda tulis sesuai keinginan kalian. attribute readonly untuk disabled textbox.

2. Control ComboBox
<select id="txtnama" >
<option value="JKT" > Jakarta </option>
<option value="Surabaya" > Surabaya </option>
</select>
Penjelasannya : pada elemen option terdapat atribut value. atribut itu digunakan untuk mengambil nilai dari isi combobox. Misal, ada isi combobox Jakarta maka yang diambil nilainya adalah JKT.

3. Control RadioButton
<input type="radio" name="JnsKelamin" id="L" value="L" > Laki-Laki
<input type="radio" name="JnsKelamin" id="P" value="P"> Perempuan
Penjelasannya : attribut name pada Jenis kelamin Pria dan Perempuan diisi sama supaya anda tidak mencentang pilihan radiobutton Pria dan Perempuan secara bersama-sama

4. Control TextArea
<textarea>

5. Control Button
<input type="reset" value="Batal" />
<input type="button" value="Simpan" />
<input type="submit" value="Batal" />
Penjelasannya: * elemen input dengan attribute type reset digunakan untuk mengembalikan kondisi semula semua control-control HTML Input.
* elemen input dengan attribute type button digunakan untuk mengeksekusi perintah dari control-control HTML Input. Misalnya, mengeksekusi inputan dari control-control HTML Input untuk diproses menjadi sebuah alert dalam javascript.
* elemen input dengan attribute type submit memiliki fungsi yang sama dengan button tapi perbedaannya adalah hasil pemrosesan dari control-control inputan akan ditampilkan di address bar web browser anda.

0 komentar: