Kamis, 30 September 2010

Belajar HTML Dasar

HTML singkatan dari HyperText Markup Language. HTML adalah sebuah jenis teks dokumen khusus yang digunakan oleh web browser untuk mempresentasikan teks, gambar, video. Dokumen HTML sering disebut sebagai "halaman Web"(Web Pages). Browser mengambil halaman Web dari Web server dan karena adanya Internet, halaman tersebut bisa berada di manapun di dunia.
Cara yang baik untuk belajar HTML ialah dengan melihat bagaimana orang lain menulis halaman HTML mereka sendiri. Untuk melakukan hal ini, click pada menu "View" lalu pada "Source". Pada beberapa browser, anda perlu mengklik pada menu "File" dan kemudian pada "View Source".

Untuk pengguna Mac, sebelum anda dapat dapat menyimpan file dengan akhiran (extention) ".html", anda harus memastikan bahwa dokumen anda di ketik dalam bentuk plain text. Untuk TextEdit, anda dapat membuatnya dengan opsi "Make Plain Text" dari menu "Format".

Halaman ini akan mengajarkan anda bagaimana:

* mulai dengan sebuah judul
* mulai menambah heading dan paragraf
* menambah emphasis pada teks
* menambah gambar
* menambah link ke halaman lain
* menggunakan berbagai macam list (daftar)

Struktur dasar dokumen HTML adalah sebagai berikut:

<html>
<head>
<title>Disini Judul Dokumen HTML</title>
</head>
<body>
Disini penulisan informasi Web
</body>
</html>

Dari struktur dasar HTML di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:

a. Tag
Adalah teks khusus (markup) berupa dua karakter "<" dan ">", sebagai contoh <body> adalah tag dengan nama body.
Secara umum tag ditulis secara berpasangan, yang terdiri atas tag pembuka dan tag penutup (ditambahkan karakter "/" setelah karakter "<"), sebagai contoh <body> ini adalah tag pembuka isi dokumen HTML, dan </body> ini adalah tag penutup isi dokumen HTML.

b. Element
Element terdiri atas tiga bagian, yaitu tag pembuka, isi, dan tag penutup. Sebagai contoh untuk menampilkan judul dokumen HTML pada web browser digunakan element title, dimana:

<title> ini adalah tag pembuka judul dokumen HTML
Disini Judul Dokumen HTML ini adalah isi judul dokumen HTML
</title> ini adalah tag penutup judul dokumen HTML

Tag-tag yang ditulis secara berpasangan pada suatu element HTML, tidak boleh saling tumpang tindih dengan pasangan tag-tag lainnya.
Contoh penulisan tag-tag yang benar

<p>
<b>
................
</b>
</p>


Contoh penulisan tag-tag yang salah

<p>
<b>
................
</p>
</b>


c. Attribute
Attribute mendefinisikan property dari suatu element HTML, yang terdiri atas nama dan nilai. Penulisannya adalah sebagai berikut:

<TAG>
nama-attr="nilai-attr"
nama-attr="nilai-attr"
.................
>
.................

</TAG>

Secara umum nilai attribute harus berada dalam tanda petik satu atau dua. Sebagai contoh, untuk membuat warna teks menjadi kuning dan latarbelakang halaman web menjadi hitam, penulisannya adalah <body bgcolor="black" text="yellow">

d. Element HTML
Menyatakan pada browser bahwa dokumen Web yang digunakan adalah HTML.

Sintaks:
<html>
..........
</html>

e. Element HEAD
Merupakan kepala dari dokumen HTML. Tag <head> dan tag </head> terletak di antara tag <html> dan tag </html>.

Sintaks:
<head>
...........
</head>

f. Element TITLE
Merupakan judul dari dokumen HTML yang ditampilkan pada judul jendela browser. Tag <title> dan tag </title> terletak di antara tag <head> dan tag </head>.

Sintaks:
<title>
.........
</title>

g. Element BODY
Element ini untuk menampilkan isi dokumen HTML. Tag <body> dan tag </body> terletak di bawah tag <head> dan tag </head>.
Element BODY mempunyai attribute-attribute yang menspesifikasikan khususnya warna dan latarbelakang dokumen yang akan ditampilkan pada browser.

Sintaks:
<body text="v" bgcolor="w" background="uri" link="x" alink="y" vlink="z">
..............
</body>

Sabtu, 04 September 2010

Windows Keyboard Shortcuts

Ketika mouse anda rusak, apa yang akan anda lakukan? Panik atau malah dibanting mousenya...hehehe... atau anda ingin mempercepat kinerja anda dalam mengoperasikan komputer? Solusinya bisa menggunakan tombol-tombol yang ada di Keyboard. Tombol-tombol ini dikenal dengan istilah Windows Keyboard Shortcuts. Tombol-tombol keyboard ini memang sangat rahasia. Caranya gimana supaya bisa menggunakan tombol-tombol Windows Shortcut. Dengan menggunakan itu, Kamu bisa buka, tutup dan menjalankan start menu, desktop serta menu-menu lain. klik heading, atau tekan TAB pada highlight a heading, dan kemudian tekan ENTER.

General keyboard shortcuts.


 

Press

To

CTRL+C

Copy.

CTRL+X

Cut.

CTRL+V

Paste.

CTRL+Z

Undo.

DELETE

Delete.

SHIFT+DELETE

Delete selected item permanently without placing the item in the Recycle Bin.

CTRL while dragging an item

Copy selected item.

CTRL+SHIFT while dragging an item

Create shortcut to selected item.

F2

Rename selected item.

CTRL+RIGHT ARROW

Move the insertion point to the beginning of the next word.

CTRL+LEFT ARROW

Move the insertion point to the beginning of the previous word.

CTRL+DOWN ARROW

Move the insertion point to the beginning of the next paragraph.

CTRL+UP ARROW

Move the insertion point to the beginning of the previous paragraph.

CTRL+SHIFT with any of the arrow keys

Highlight a block of text.

SHIFT with any of the arrow keys

Select more than one item in a window or on the desktop, or select text within a document.

CTRL+A

Select all.

F3

Search for a file or folder.

ALT+ENTER

View properties for the selected item.

ALT+F4

Close the active item, or quit the active program.

ALT+Enter

Displays the properties of the selected object.

ALT+SPACEBAR

Opens the shortcut menu for the active window.

CTRL+F4

Close the active document in programs that allow you to have multiple documents open simultaneously.

ALT+TAB

Switch between open items.

ALT+ESC

Cycle through items in the order they were opened.

F6

Cycle through screen elements in a window or on the desktop.

F4

Display the Address bar list in My Computer or Windows Explorer.

SHIFT+F10

Display the shortcut menu for the selected item.

ALT+SPACEBAR

Display the System menu for the active window.

CTRL+ESC

Display the Start menu.

ALT+Underlined letter in a menu name

Display the corresponding menu.

Underlined letter in a command name on an open menu

Carry out the corresponding command.

F10

Activate the menu bar in the active program.

RIGHT ARROW

Open the next menu to the right, or open a submenu.

LEFT ARROW

Open the next menu to the left, or close a submenu.

F5

Refresh the active window.

BACKSPACE

View the folder one level up in My Computer or Windows Explorer.

ESC

Cancel the current task.

SHIFT when you insert a CD into the CD-ROM drive

Prevent the CD from automatically playing.

Dialog box keyboard shortcuts

Press

To

CTRL+TAB

Move forward through tabs.

CTRL+SHIFT+TAB

Move backward through tabs.

TAB

Move forward through options.

SHIFT+TAB

Move backward through options.

ALT+Underlined letter

Carry out the corresponding command or select the corresponding option.

ENTER

Carry out the command for the active option or button.

SPACEBAR

Select or clear the check box if the active option is a check box.

Arrow keys

Select a button if the active option is a group of option buttons.

F1

Display Help.

F4

Display the items in the active list.

BACKSPACE

Open a folder one level up if a folder is selected in the Save As or Open dialog box.

Natural keyboard shortcuts

Kamu juga bisa menggunakan keyboard shortcuts dengan  Microsoft Natural Keyboard yang ada Windows logo key dan tombol aplikasi

Press

To

Tombol Window logo

Display or hide the Start menu.

Tombol Window logo+BREAK

Display the System Properties dialog box.

Tombol Window logo+D

Show the desktop.

Tombol Window logo+M

Minimize all windows.

 
 

Tombol Window logo+Shift+M

Restores minimized windows.

 
 

Tombol Window logo+E

Open My Computer.

Tombol Window logo+F

Search for a file or folder.

CTRL+

 
 

Tombol Window logo+F

Search for computers.

 
 

Tombol Window logo+F1

Display Windows Help.

 
 

Tombol Window logo+ L

Lock your computer if you are connected to a network domain, or switch users if you are not connected to a network domain.

 
 

Tombol Window logo+R

Open the Run dialog box.

Tombol Window logo

  

Display the shortcut menu for the selected item.

Tombol Window logo+U

Open Utility Manager.

Accessibility keyboard shortcuts

Press

To

Right SHIFT for eight seconds

Switch FilterKeys on and off.

Left ALT +left SHIFT +PRINT SCREEN

Switch High Contrast on and off.

Left ALT +left SHIFT +NUM LOCK

Switch MouseKeys on and off.

SHIFT five times

Switch StickyKeys on and off.

NUM LOCK for five seconds

Switch ToggleKeys on and off.

Tombol Window logo+U

Open Utility Manager.

Windows Explorer keyboard shortcuts

Press

To

END

Display the bottom of the active window.

HOME

Display the top of the active window.

NUM LOCK+ASTERISK on numeric keypad (*)

Display all subfolders under the selected folder.

NUM LOCK+PLUS SIGN on numeric keypad (+)

Display the contents of the selected folder.

NUM LOCK+MINUS SIGN on numeric keypad (-)

Collapse the selected folder.

LEFT ARROW

Collapse current selection if it's expanded, or select parent folder.

RIGHT ARROW

Display current selection if it's collapsed, or select first subfolder.


 

 
  
  


 


Strategi Pembelajaran Inkuiri

Penerapan strategi pembelajaran inquiry sesuai dengan teori konstruktivisme. Teori ini meyakinkan guru bahwa proses belajar merefleksikan pengalaman siswa. Dalam proses belajar, siswa membangun pemahaman dirinya sendiri. Tiap siswa menghasilkan sendiri “aturan” dan “model mental,” yang digunakannya untuk membangun pengalaman dan memperoleh pengetahuan.
Inquiry dapat dimulai dengan pertanyaan “Apa?” atau “ Bagaimana?” untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa terhadap suatu gejala alam atau pun sosial.
Ingin tahu lebih lengkap apa itu metode Inkuiri baca paragraf selanjutnya... :)

Penerapan strategy ini merupakan upaya untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Dorongan itu berkembang melalui proses merumuskan pertanyaan, merumuskan masalah, mengamati, dan menerapkan informasi baru dalam meningkatkan pemahaman mengenai sesuatu masalah. Rasa ingin tahu itu terus ditumbuhkan untuk meningkatkan semangat bereksplorasi sehingga siswa belajar secara aktif.

Untuk memulai pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi inquiry Anda dapat menetapkan sebuah topik yang layak eksplorasi. Jauhkan siswa siswa dari sikap berpikir seperti Anda. Doronglah mereka untuk menggunakan pikirannya sendiri, dari pertanyaannya. Biarlah pertanyaan itu dikembangkan secara independen, namun usahakan relevan dengan kompetensi dasar yang hendak Anda kembangkan dalam kelas.
Langkah-langkah pelajaran investigasi dalam penerapan inquiry.

Menentukan tujuan, sampaikan informasi kepada siswa apa yang mereka akan mereka pelajari, implikasi yang menarik dari proses pelajaran yang akan berlangsung, cotoh yang menarik adalah pelacakan perkiraan berat bumi. Untuk proses belajar ini berikan petunjuk pelaksanaanya. Untuk contoh pelacakan berat bumi, tidak perlu ada hipotesis. Jika diperlukan sampaikan pula tujuan pedagogis dari pelajaran ini.
Menentukan Hipotesis: Para siswa harus selalu diharapkan untuk membuat hipotesis sendiri. Hal ini sebaiknya dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil yang ditindaklanjuti dalam diskusi seluruh kelas. Anda harus mendorong mereka untuk merumuskna hipotesis dengan benar.
Menentukan Prosedur: Setelah siswa memiliki gagasan yang jelas tentang tujuan percobaan atau penelitian, mereka harus memiliki ide tentang bagaimana untuk menemukan jawabannya. Menurut pengalaman dalam berbagai diskusi dalam kelas hipotesis yang berbeda akan memberikan ide yang berbeda pula dalam menguji hipotesis mereka sendiri.

Hanya saja jika mereka telah menunjukkan bahwa hipotesis mereka mungkin benar tidak berarti mereka telah membuktikannya!
Bahan: Setelah siswa mengetahui apa yang mereka rencanakan, mereka dapat membuat daftar bahan mereka perlukan. Doronglah siswa menulis apa yang mereka rencanakan dan bahan yang mereka butuhkan.
Data: Sebelum siswa memulai studi, mengingatkan mereka tentang semua tindakan pengamanan. Jika mereka bekerja dengan bahan kimia, mereka harus memakai kacamata keselamatan dan perangkat keselamatan lain secukupnya.
Arah kegiatan: Siswa harus tahu apa yang mereka mencari. Mereka mungkin membutuhkan bantuan guru, berikan bantuan secukupnya.
Kesimpulan : Ketika siswa telah selesai studi, mereka harus membahas hasil mereka dengan satu sama lain. Mereka harus mencari tahu siapa yang memiliki hasil yang sama, yang memiliki hasil yang berbeda, mengapa hasil mungkin akan berbeda. Mereka harus menginterpretasikan hasil berdasarkan pertanyaan awal. Apa hasil rata-ratanya?

Jika hasil mengarah ke pertanyaan lain, maka proses studi dimulai lagi. Perhatikan agar kesimpulan diskusi kelas bermakna dan relevan dengan kompetensi dasar yang ingin dikembangkan.