Selasa, 27 Oktober 2009

Membuat Master Pages Pada ASP.Net

Master Pages adalah desain dan tampilan web yang konsisten, bisa dipakai di semua webForm. Selain itu, master pages adalah halaman tunggal yang menangani struktur dari situs web Anda.

Kebanyakan situs Web sekarang ini memiliki elemen umum yang sama yang terdapat di keseluruhan atau sebagian besar halaman dalam project website anda. Elemen umum itu misalnya elemen header yang berada di atas, elemen navigasi yang berada di kiri, dan elemen footer yang berada di bawah halaman.
Contohnya seperti halaman web facebook. di situs facebook terdapat navigasi menu yang ada di atas halaman web maupun di kiri, halaman footer yang berisi iklan2, halaman kanan web itu terdapat iklan2. Sedangkan halaman tengah pada situs itu dapat berubah-ubah tergantung menu yang kita pilih. Nah, di halaman tengah itulah yang akan kita tempatkan contentPlaceHolder pada halaman Master Pages. Halaman Kanan, Kiri, Atas, dan bawah desainnya paten di semua halaman web.Desain halaman web yang paten dapat dibuat di master pages



Ketika bekerja dengan Master Pages, Anda akan membuat file .master yang merupakan template untuk referensi bagi subpage atau halaman isi/content page. Master Pages menggunakan ekstensi file .master, sedangkan halaman isi menggunakan ekstensi file .aspx



Master pages berisi kontrol ContentPlaceHolder. Di kontrol itu, kita dapat menambah berbagai macam kata-kata dan control-control toolbox di halaman .aspx yang sudah terpasang dengan master pages. INGAT!! ContentPlaceHolder yang ada di file .master jangan diisi kata-kata dan control-control toolbox jadi dibiarkan kosong.
Jika ingin melihat desain anda yang ada di file .master, jalankan dari file .aspx yang sudah terpasang dengan master pages.

Bagaimana cara menggunakan master pages? Berikut ini langkah-langkah membuat master pages :
1. Buat Project Website baru.
Pilih menu File, pilih New, Pilih WebSite. Kemudian pilih ASPNet WebSite.



2. Klik kanan pada project anda yang ada di Solution Explorer. Pilih Add New Item



3. Pilih Master Pages. Klik tombol Add

4. File .master telah terbuat, anda akan menjumpai ContentPlaceHolder di halaman master pages. Buat layout tabelnya di halaman desain master pages, caranya pilih menu Layout, pilih Insert Table, pilih template default yg telah disediakan oleh Microsoft Visual Studio yang anda inginkan atau setting row dan column-nya. Klik OK

5. Drag contentPlaceHolder ke salah satu sel yang ada di tabel yang telah anda buat sebelumnya. Kemudian Save file .master itu. Jika ingin mendesain tampilan tabel dapat dilakukan dengan cara klik kanan di salah satu sel, pilih "Style..."

6. Setelah file .master terbuat, klik kanan pada project anda yang ada di solution explorer. Pilih Add New Item, Pilih WebForm, centang "Select Master Page". Klik tombol Add. Pilih file master yang anda inginkan. Klik OK. Nah, Content1 yang ada di halaman .aspx yang akan diisi kata-kata ataupun control-control toolbox.



JANGAN RUN dari file .master tapi run dari file .aspx yang sudah konek dengan master pages


2 komentar:

purwa mengatakan...

Saya ada sedikit kendala menggunakan masterpage. Punya link tutorial yang lengkap ga mengenai masterpage?

richard_NicolausSmile mengatakan...

Maaf saya kurang tahu link tutorial lengkap tentang master pages. Pada dasarnya pembelajaran tentang master pages udah saya informasikan