Sabtu, 14 November 2009

Selection pada GridView

Salah satu fungsi dari GridView adalah dapat melakukan selection pada salah satu kolomnya. Jadi ketika qta men-select kolom Id_TipeHP maka data yang ada di field itu akan dibaca oleh control data lainnya (formView ato mungkin DataList ato repeater)



Contoh Kasus : Buat database ProdusenHP. Di dalam database, ada 2 tabel yaitu tabel ProdusenHP dan tabel Tipe_HP. Field yang ada di dalam tabel ProdusenHP adalah ID_Produsen(Primary Key), Nama_Produsen, dan Negara_Produsen. Field yang ada di dalam tabel Tipe_HP adalah ID_Tipe(Primary Key), ID_Produsen, Nama_Tipe, dan Harga. Gunakan tipe Data varchar pada seluruh field. Setelah itu, isi datanya pada kedua tabel tersebut. Berikut ini isi data yang ada di masing-masing tabel:

Tabel ProdusenHP

Tabel Tipe_HP


Setelah data terisi, buat web form baru yg udah ada master page. Beri nama Master.apx.... Drag tabel ID_Tipe pada database ProdusenHP yang terdapat di server Explorer. Kemudian, lakukan CONFIGURE DATA SOURCE. Query-nya "SELECT ID_Tipe, Nama_Tipe, Harga FROM Tipe_HP".
Setelah itu, klik smart tags (tanda segitiga kecil yang ada di pojok kanan atas gridview). pilih "edit columns". Remove ID_Tipe. Add "HyperLink Field".
Setting properties Hyperlink Field. Cari properties "HyperLInk URL Field".
Tekan tombol Add.
ketik Nama Field yang akan di-klik pada Header Text, dalam kasus ini ketik ID_Tipe. Kemudian cari properties "Hyperlink URL FormatString", ketik ~/[webform yang akan dituju?[nama field yang akan diselection]={0}. dalam kasus ini anda ketik ~/detil.aspx?ID_Tipe={0}. Cari Properties "Hyperlink text" pilih ID_Tipe.
Setelah selesai pengaturan selection, kemudian buat webForm baru yang sudah ada master pages beri nama detil.aspx..Di detil.aspx, anda drag formView.
Lakukan setting SQLDataSource. Query-nya "SELECT ID_Tipe, Nama_Tipe, Harga FROM Tipe_HP WHERE ID_Tipe=@ID_Tipe",where ID_Tipe berasal dari queryString "ID_Tipe"(sesuaikan dengan ID_Tipe pada Hyperlink URL Field GridView).
Finish,selesai qta mencobanya segera di-Run dari Master.aspx

Selamat Mencoba


0 komentar: