Kamis, 04 Februari 2010

Tutorial Dasar J2ME

Apa sih J2ME itu ? J2ME = Java 2 Micro Edition. J2ME adalah bahasa pemrograman dari Java untuk Handphone, PDA, pagers, Blackberry, dan lain-lain.
Bagaimana sih caranya supaya kita pandai membuat pemrograman mobile application. Pertama kali saya akan menuliskan langkah-langkah dasar bagaimana membuat program J2ME.



Berikut ini konsep source code J2ME dasar :

import javax.microedition.midlet.*;->Digunakan untuk mengimport package Microedition.midlet
(klo tidak ada ini maka aplikasi yang anda buat tidak dapat
berjalan di mobile device)
import javax.microedition.lcdui.*;->Digunakan untuk mengimport package Microedition.lcdui(
package ini adalah tampilan dari aplikasi anda)

public class test1 extends MIDlet implements CommandListener->Digunakan untuk memanggil class MIDlet(pada extends MIDlet).Class MIDlet ini sudah ada dalam package microedition.midlet tadi. Fungsi dari CommandListener adalah action/kejadian untuk mengeksekusi sebuah perintah dari user (semacam tombol untuk menjalankan suatu perintah)
{
private Display display;->merupakan variabel dari class Display

public heloMIDLet(){
display = Display.getDisplay(this);->menginisialisasi variabel display
}

public void startApp()->method yang berfungsi untuk menampilkan tampilan awal aplikasi mobile anda
{
TextBox tb = new TextBox("Hello MIDLet","Hello J2ME...!!",256,0);->langkah ini berfungsi untuk mengatur format dari textbox seperti panjang textbox, jumlah max karakter yg ditulis,dll.
display.setCurrent(tb);->method setCurrent digunakan untuk menempatkan textbox
}

public void pauseApp()
{
}

public void destroyApp(boolean unconditional)
{
}

public void commandAction(Command c, Displayable d)->method ini berfungsi untuk mengimplementasikan class CommandListener yang telah di-implements sebelumnya. Berfungsi untuk menempatkan source code supaya tombol dapat menjalankan suatu perintah
{

}
}

Nah untuk mencobanya silahkan hilangkan tulisan2 yang berwarna merah. Lalu copy paste source code itu di aplikasi editplus atau notepad++ atau JCreator atau netbeans atau eclipse.

1 komentar:

hanum mengatakan...

terkait dengan penerapan J2ME, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1219/1/17110075.pdf