Selasa, 05 Oktober 2010

HTML Element dan HTML Attribute

Setiap ruangan pasti ada isinya entah itu ada lemari, meja, kursi atau tempat tidur. Begitu juga dengan baju, baju merupakan gabungan dari kain dan benang. Dengan adanya kain dan benang maka kita bisa membuat celana ataupun baju.
Sama juga dengan HTML Elemen, HTML Elemen merupakan gabungan dari tag dan atribut. HTML Elemen selalu diawali dengan opening tag dan diakhiri dengan closing tag. Opening tag dan closing tag itu seperti apa? baca selanjutnya....
Opening tag itu selalu diawali dengan tanda "<" dan diakhiri dengan tanda ">". Di dalam tanda "<" dan ">" berisi elemen HTML dan attributte. Contoh dari opening tag yakni <html> , <head> , <title> , dan seterusnya. Sedangkan, closing tag itu selalu diawali tanda "<" kemudian diikuti tanda "/" lalu diakhiri dengan tanda ">". Contoh dari closing tag yakni </title> , </head> .

HTML Attribute selalu berada di dalam HTML Elemen dan tidak bisa berdiri sendiri menjadi suatu elemen. HTML Attribute ditulis di dalam opening tag tepatnya setelah tanda "<" dan sebelum tanda ">" pada opening tag bukan ditulis di dalam closing tag.
Standar HTML attribut seperti <body bgcolor="red"> , <p align="center"> . "bgcolor" inilah yang merupakan attribut dari elemen HTML "<body>" . "align" merupakan attribut dari elemen HTML "<p>"
Dalam XHTML, HTML Attribut dibagi menjadi 3 grup yakni Core Attribute, Internazionalisation Attribute, dan UI Events.
- Core Attribute berfungsi sebagai atribut untuk membantu kita mendesain web page tepatnya membantu penggunaan CSS. Contoh dari Core attribute adalah id, class, dan style.
- Internazionalisation Attribute berfungsi sebagai atribut untuk membantu kita membaca sebuah dokumen seperti XML. Contohnya adalah dir, lang, XML:lang...
- UI Events merupakan atribut yang akan membantu kita untuk mengeksekusi suatu perintah scripting seperti javascript. Contohnya adalah onclick, ondoubleclick, onmouseover, onkeypress, onkeyup, dan lain-lain...

Selamat Membaca.....

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Tidak lengkap..

tidak ada di soal test awal semuanya..

maaf....

richard_NicolausSmile mengatakan...

saya hanya review materi.... kalau tes awal udah di praktikum... :-)