Minggu, 18 Juli 2010

Pentingnya Academic Information System

Sekolah merupakan tempat dimana semua orang menimba ilmu pengetahuan, menambah wawasan dan kepribadian manusia. Berbagai macam mata pelajaran dapat kita tempuh di sekolah untuk menambah wawasan dan kepribadian kita.
Dari situlah tercipta kegiatan belajar mengajar. Berbagai sistem dibuat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sistem yang dibuat yaitu, Sistem penjadwalan, Sistem Penilaian Siswa, Sistem Keuangan Sekolah, dan lain-lain. Sistem itu dibuat dengan cara manual atau gak dengan cara komputerisasi tergantung dari kemampuan dan kualitas sekolah itu. Cara manual yang biasa digunakan adalah dengan program MS Excel atau gak menulis di kertas. Sedangkan, cara komputerisasi biasanya menggunakan software sistem informasi akademik. Mau cara manual atau sistem informasi sebenarnya sama saja tergantung kebutuhan masing-masing sekolah.
Menggunakan sistem informasi akademik sangatlah efisien, praktis dalam melakukan transaksi proses belajar mengajar bila dibandingkan dengan cara manual. Jika menggunakan cara manual akan memakan waktu yang lama, jika tidak teliti akan terjadi kesalahan. Tapi penggunaan sistem informasi akademik sangat menyulitkan bagi pengguna yang masih tabu tentang teknologi informasi. Butuh pelatihan terlebih dahulu sehingga memakan waktu yang cukup lama.
Dengan menggunakan sistem informasi akademik, kita bisa memantau prestasi belajar siswa di tiap kelasnya, tiap semester berdasarkan nilai-nilai harian dan nilai akhir semester. Selain itu, kita juga bisa menganalisa kemampuan guru dalam mengajar siswanya berdasakan nilai-nilai siswa. Dengan sistem ini kita juga bisa mengatur jadwal kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah. Proses administratif seperti peminjaman fasilitas sekolah, pembayaran SPP, keuangan sekolah, dan lain-lain dapat ditangani sama sistem ini.
Kalau seperti itu maka tidak ada keruwetan dalam proses transaksi, tidak memakan waktu yang cukup lama dalam transaksinya, mempermudah tugas karyawan dan guru, orang tua dapat melihat perkembangan anaknya kapan pun.
Sistem ini dapat dijalankan di web atau gak di desktop. Semua itu tergantung kebutuhan. Alangkah baiknya jika berjalan di web. Mengapa demikian? karena orang tua dapat memantau perkembangan akademik anaknya secara langsung kapan pun dan dimana pun. Siswa juga dapat melihat nilai, jadwal, tunggakan SPP kapan pun dan dimana pun.
Itulah kelebihan menggunakan sistem informasi akademik.

0 komentar: