Minggu, 01 Juli 2012

Apa itu Kongres Ekaristi ?


Pada hari Jumat-Minggu, 22-24 Juni 2012 Keuskupan Surabaya mengadakan acara Kongres Ekaristi 2012. Kongres tersebut baru pertama kali diadakan oleh Keuskupan Surabaya. Pesertanya adalah seksi liturgi dari seluruh Paroki Keuskupan Surabaya, Pastor-Pastor Paroki Keuskupan Surabaya, biarawan/biarawati, katekis, misdinar dan pendampingnya. Tak hanya Keuskupan Surabaya, Keuskupan Agung Semarang, Keuskupan Agung Jakarta juga mengadakan Kongres Ekaristi.


Tema Kongres Ekaristi Keuskupan Surabaya 2012: “Ekaristi: Persekutuan Dengan Kristus Dalam Perutusan Gereja”  mempunyai tujuan mempromosikan kesadaran akan peran sentral Ekaristi dalam hidup dan perutusan Gereja, mengembangkan kualitas pemahaman dan praktek pelayanan liturgis, mengantar remaja Katolik ke dalam persekutuan yang ekaristis dengan Kristus.

Tahukah kamu apa itu Kongres Ekaristi ? Kongres Ekaristi adalah peristiwa iman Gereja yang menempatkan Ekaristi sebagai sumber dan puncak seluruh hidup umat. Kongres Ekaristi menjadi momentum atau saat seluruh umat beriman menimba kekayaan rohani dari kehadiran Tuhan dalam Ekaristi bagi hidup dan perutusan di tengah dunia menuju kepenuhan keselamatan. 

Yang menarik dari sejarahnya, Kongres Ekaristi pertama kali dimotori oleh peran awam (Marie Marthe Tamsier – Perancis) yang tentu saja didukung oleh hirarki. Gagasan awal diadakannya Kongres Ekaristi ialah agar penghormatan kepada Sakramen Mahakudus dapat dilaksanakan secara meriah dan umum. 

Kini, Kongres Ekaristi telah menjadi sebuah perhelatan besar, berskala internasional dan resmi. Pada bulan Juni 2012 akan diadakan Kongres Ekaristi Internasional di Dublin, Irlandia, persis pada penyelenggaraan ke-50, dengan tema: The Eucharist: Communion with Christ and with one another, yakni sebuah tema yang diambil dari Lumen Gentium 7, sekaligus memperingati 50 tahun pembukaan Sidang Konsili Vatikan II (tepatnya: Oktober 1962 -2012). Kongres Ekaristi, sesuai namanya: con + gressus (=melangkah bersama), dapat menjadi kesempatan seluruh umat beriman untuk maju dan melangkah bersama menjalankan perutusan di tengah masyarakat melalui kekuatan yang ditimba dari dan berpusat pada Ekaristi.
(richard)

0 komentar: